F DAPODIKEDITOR+ | Coretan_LRS DAPODIKEDITOR+

DAPODIKEDITOR+




Tanda “plus” pada bagian akhir nama DapodikEditor karena versi ini hasil penggabungan 3 aplikasi, yaitu: DapodikEditor v 1.1.1.3 Dikdas + Aplikasi Administrasi Penilaian Otentik + Aplikasi Kode Inventaris BMD. Sebelumnya ketiga aplikasi tersebut diterbitkan secara terpisah.
Penggabungan ini dilakukan untuk memperluas fitur DapodikEditor, mempersembahkannya untuk kemajuan dunia pendidikan, sekaligus memperkenalkan, dan mengarsipkan aplikasi-aplikasi yang pernah terbitkan oleh pengembang DapodikEditor.
Versi DapodikEditor+ ini kompatibel dengan aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 dan Dapodikdas v 4.0.0. Sampai sat ini belum diterbitkan DapodikEditor+ untuk Dapodikmen.

PERINGATAN:
  • Aplikasi ini mengakses langsung database Dapodikdas tanpa proteksi. Segala perubahan yang pengguna lakukan akan langsung tersimpan otomatis ke Aplikasi Dapodikdas.
  • Aplikasi ini bukan merupakan aplikasi resmi (utama/tambahan) dari Aplikasi Dapodikdas. Aplikasi ini dikembangkan oleh pihak di luar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (tim Dapodikdas).
  • Aplikasi ini hanya aplikasi sederhana dari, oleh, dan untuk Operator Sekolah sebagai bentuk usaha untuk mempermudah pekerjaannya sendiri. Aplikasi ini akan selalu memerlukan perbaikan, peningkatan, dan pengembangan terus menerus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.
  • Segala kerugian yang terjadi atas penggunaan aplikasi ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna.
  • Jika anda merasa tidak aman/nyaman menggunakan Aplikasi ini, jangan menggunakan aplikasi ini. Sebaliknya, jika anda merasa aplikasi ini cukup bermanfaat, silakan bagikan kepada siapapun.
Aplikasi ini dapat langsung dijalankan tanpa perlu menginstalnya terlebih dahulu, sehingga menjadi mudah dibawa/digunakan dimana saja (portabel). Ukuran file-nya pun tidah terlalu besar, hanya sekitar 500KB (versi RAR-nya) dan menjadi sekitar 1,5MB setelah di extract.
Cara penggunaan saat edit data-pun cukup mudah. Klik 2x / Tekan ENTER / Tekan F2 pada data yang akan diubah, kemudian Tekan ENTER lagi maka data akan langsung tersimpan ke dalam database.
Pada versi pertamanya (v 1.0.1.1), DapodikEditor memiliki fitur sebagai berikut:
1.       Mengakses langsung Database Dapodikdas yang sudah terinstall di PC/Laptop.
2.       Dapat digunakan untuk edit langsung data Dapodikdas dengan tampilan worksheet/menyerupai tampilan Microsoft Excel.
3.       Menu Data Pokoknya dapat digunakan untuk menampilkan dan mengedit Data Sekolah, Pengguna, Peserta Didik, Rombongan Belajar, PTK, dan Riwayat Kepangkatan.
Sedangkan pada DapodikEditor versi kedua (v 1.0.1.2) terdapat berbagai penambahan fitur pada aplikasi tersebut. Antara lain:
1.       Penambahan tombol Navigasi data.
2.       Penambahan Menu Data Pokok Registrasi Peserta Didik.
3.       Penambahan fasilitas Multiple-Select/Blok pada baris tabel data yang ditampilkan.
4.       Penambahan fasilitas Copy/Salin ke clipboard sehingga data yang telah dipilih dapat di paste/Tempel ke Aplikasi lain (Word/Excel/Notepad)
5.       Penambahan fasilitas/menu SyncTweak yang berfungsi untuk memperbaharui laporan perubahan data yang dipersiapkan untuk disinkronkan ke server Dapodik. Bagi operator yang sering punya masalah sinkronisasi, sepertinya harus mencoba fasilitas ini.
6.       Penambahan Fasilitas Import Data Peserta Didik dari file CSV (untuk penambahan siswa baru secara masal).
7.       Penambahan Fasilitas Import Data Registrasi Peserta Didik (registrasi masal).
8.      Penambahan Fasilitas Penghapusan/Pengosongan Database Dapodikdas sehingga pengguna tidak perlu menginstal ulang aplikasi Dapodikdas jika ingin  menggunakan prefil baru. Cukup kosongkan database, download prefil terbaru dan copy ke folder C:prefill_dapodik ;  kemudian langsung Registrasi ulang.
Tambahan informasi untuk perhatian pengguna:
Aplikasi ini mengakses langsung database Dapodikdas tanpa proteksi. Segala perubahan yang pengguna lakukan akan langsung tersimpan  otomatis ke Aplikasi Dapodikdas.
Aplikasi ini bukan merupakan aplikasi resmi (utama/tambahan) dari Aplikasi Dapodikdas. Aplikasi ini dikembangkan oleh pihakdi luar Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan (tim Dapodikdas).
Segala kerugian yang terjadi atas penggunaan aplikasi ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna.



Amplop 4.0.4-LE                                                            : DISINI
Dapodikeditor V 1.0.1.3R2-DIKMEN                        : DISINI

Sumber : https://www.identik.org/project/dapodikeditor-2/


Yuk bro yang pengen usaha sampingan tanpa modal uang otomatis masuk ke rekening pengen tahu caranya klik gambar di bawah ini :


» Thanks for reading DAPODIKEDITOR+

1 Response to "DAPODIKEDITOR+"